RSS

ananda anakku yang pertama

23 Mar

Ananda adalah anak pertamaku. Darinya aku belajar banyak hal. Aku masih ingat saat-saat dia kecil dulu. Tahun pertama sejak kelahirannya, di selalu menangis saat malam tiba. Sampai-sampai aku sempat menangis karena sangat kecapekan.

Tahun kedua dia mulai mengerti banyak hal. Tapi satu yang tak berubah, dia tetap saja cengeng. Mungkin pengaruh masa ndidamku dulu karena aku begitu sensitive.dia selalu berubah-ubah, terkadang hamper dua minggu, dia ngambek ingin pergi ke mal. Minggu berikutnya, dia selalu tidur sampai larut, dan setiap jam 12 malam, aku harus menurutinya untuk mencari mkanan di warung-warung dekat rumahku. Bayangkan selarut itu, jarang warung yang masih buka. Aku ingat satu kejadian saat malam jam 12, dia minta jajan. Sampai di jalanan, aku memberhentikan tukang siomay, eh tukang itu malah kabur, di ketakutan, dia pikir aku adalah hantu.

Tahun ketiga, dia mulai ku sekolahkan di play group, tapi hanya bertahan satu minggu, karena dia ngambek tidak mau sekolah lagi. Ah ……………..ku turuti saja apa kemauannya. Karena ku pikir terlalu memaksanya pun tidak baik untuk psikologinya.

Satu yang ku bangga dari dirinya adalah celoteh-ce;otehannya sangat cerdas. Kadang-kadang dia terkesan cerewet. Banyak hal yang ia ingin tahu.dia pun selalu protes kalau ada sesuatu yang tidak di sukainya.

Saat usianya 3.5 tahun, aku memberinya adik laki-laki. Mulanya sih di senang, tapi hari-hari berikutnya, dia mulai sering menangis. Dia tidak mau pulang ke rumah. Dia memilih tinggal dengan ibuku, yang tidak lain adlah neneknya.dia juga tidak perduli dengan adiknya. Ah rupanya anakku yang satu ini sedang iri dengan adiknya. Kurang lebih satu bulan adaptasi itu untuknya, hingga akhirnya ia mau pulang.

Kini di usianya yang ke empat dis sudah ku masukkan sekolah. Ternyata anakku adalah anak yang cerdas. Kadang aku tidak percaya kalau dia mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolah sendiri. Satu hal lagi yang tak ku duga ia menjuarai dua kali lomba mewarnai baik perlombaan di sekolah maupun antar sekolah

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Maret 2009 in Sirah salaf al-Shalih

 

Tinggalkan Balasan

 
