RSS

Perang Lagi? Bosen Ana

31 Mei

SEOUL – Korea Utara (Korut) semakin menunjukkan sinyal bahwa perang di Semenanjung Korea bakal segera pecah. Hal itu dikuatkan dengan foto satelit Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan adanya penambahan aktivitas pengangkutan senjata nuklir di dua wilayah Korut.

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya pun mengungkapkan kemungkinan Korut menembakkan misil jarak jauh. Pergerakan kendaraan militer tersebut menyerupai kesibukan yang dilakukan sebelum Korut menembakkan sebuah roket jarak jauh pada bulan lalu. Diperlukan waktu sekitar dua pekan sebelum Korut menguji coba rudalnya di landasan peluncur dan siap untuk menembakkannya.

Melihat perkembangan meresahkan itu, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Robert Gates kembali memberikan ancaman keras kepada Korut. Gates mengatakan bahwa AS tidak akan menerima kegiatan nuklir Korut. “Kami tidak akan berdiam diri saat Korut membangun kemampuan untuk membawa kehancuran di manapun di Asia,bahkan mungkin juga bagi negara kami,”kata Gates dalam dialog dengan para pejabat keamanan tingkat regional di Singapura kemarin.

Gates juga menyebut program nuklir Korut merupakan “tanda masa depan yang kelam.”Meski demikian, dia belum menganggap bahwa program nuklir Korut sebagai ancaman. Menhan AS juga menganggap uji coba senjata nuklir Korut dapat memicu perlombaan senjata di kawasan Asia.”Keyakinan bahwa itu akan menjadi masalah kian menguat dan saya rasa konsekuensinya, stabilitas di kawasan itu menjadi hal yang penting,” katanya.

Sementara itu,AS,Jepang,dan Korsel kemarin menyepakati “kesamaan pandangan” mengenai uji coba nuklir Korut.Kesepakatan itu diraih setelah Gates bertemu mitranya, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada dan Korsel Lee Sang Hee.”Kita sepekat untuk menyusun satu kesepakatan untuk menghadapi situasi ini,” papar Lee.

Lee mengungkapkan, tiga negara tersebut sepakat bekerja sama dalam menghadapi tantangan global.Namun, dia tidak menjelaskan lebih detail. Korut kemarin mengungkapkan kemarahan atas kecaman bahwa pihaknya bermaksud melakukan uji coba bom nuklirnya yang kedua,bertepatan dengan hari berkabung Korsel atas meninggalnya mantan Presiden Roh Moo-Hyun.
Padahal, Pemimpin Korut Kim Jong-Il telah mengirimkan pesan bela sungkawa kepada keluarga Roh. “Uji coba bom nuklir kita lakukan sebagai langkah untuk meningkatkan pertahanan diri dan tidak dilakukan berkaitan dengan terjadinya tragedi di Korsel,” kata Uriminzokkiri, seorang pejabat Korut.

Pemerintah konservatif Korsel mengecam Korut karena tindakannya yang dinilai jahat. Uriminzokkiri juga mengungkapkan, rakyat Korut juga berkabung atas meninggalnya Roh, Presiden Korsel berhaluan liberal yang mendorong rekonsiliasi dan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim pada 2007.

Dari Moskow,Jepang dan Rusia sepakat bahwa uji coba nuklir Korut perlu mendapat reaksi keras karena mengancam keamanan nasional. Baik Presiden Rusia Dmitry Medvedev maupun Perdana Menteri Jepang Taro Aso sepakat berkoordinasi mendorong keluarnya resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Sedangkan pemerintah pejabat Pemerintah China Letjen Ma Xiaotian mengimbau semua pihak agar tenang menghadapi uji coba nuklir Korut. “Semenanjung Korea hendaknya melangkah ke arah perlucutan nuklir dan kami harapkan semua pihak yang terkait akan berkepala dingin serta melakukan tindakan untuk mengatasi masalah,” katanya di forum keamanan di Singapura. Pada Jumat (29/5), Korut meluncurkan satu rudal jarak pendek di lepas pantai timur.

Padahal,lima rudal juga telah diluncurkan pada Senin (25/5) dan Selasa (26/5) dari lepas pantai timur negara komunis itu.Misil itu memiliki jarak tembak 130 km. Dalam beberapa tahun terakhir ini,Korut beberapa kali melakukan uji coba rudal jarak pendek di Laut Kuning maupun di Laut Jepang (Laut Timur).

Berbagai uji coba itu dilakukan seiring meningkatnya ketegangan regional.Pesawat-pesawat tempur Korut juga kian aktif melakukan misi penerbangan di dekat perbatasan darat. (sindo//fit)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 31 Mei 2009 in Staqofah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: