RSS

Pengantar Tafsir Surah al-Fatikhah

18 Mei

Pengantar Tafsir Al-Fatihah
Surah ini diturunkan di kota Makkah, pendapat ini diwakili oleh Ibnu ‘Abbas, Qotadah, dan Abu Aliyah, Ada juga yang menyatakan bahwa surah ini di turunkan di Madinah, pendapat ini diwakili oleh Abu Hurairah,Jahid, ‘Atho’ bin YAasardan al-Zuhri, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa surah ini diturunkan dua kali, artinya di Makah dan di Madinah.
Menurut hemat saya sesuai kaidah dalam Ulum At-Tafsir, bahwa Ibnu ‘Abbas dalam masalah tafsir di nomer satukan pendapatnya artinya kalau kemudian muncul perbedaaan maka Ibnu ‘Abbas yang harus diikuti, demikian lah yang di sampaiakan Ibnu Kasir dalam tafsirnya.
Surah ini terdiri atas 7 ayat, 29 kalimatnya, 131 huruf. Tetapi ada jga menyatakan 7 ayat, 25 kalimat dan 125 huruf. Dinamakan al-Fatihah karena permulaan bacaan dalam salat. Menurut jumhur ulama mereka mengatakan Ummu al-Kitab. Selain itu ada beberapa nama untuk al-Fatihah, diantaranya, Ummul-Qur’an, as-Sab’ul masani dan al-Quranul adzim. Abu Hurairah r.a berkata Rasulullah bersabda:”surah alhamdulillahirabil’alamin (surah alfatikhah) adalah ummul qur’an, ummul kitab,as-Sab’ul masani,dan alqur’anul adzim. HR. Imam Tirmidzi.
Disamping itu menurut Ibnu Kasir dalam tafsirnya bahwa surah al fatikhah juga memiliki nama-nama lain yang dikemukakan oleh para ulama misalnya, As-Syifa ’(obat), Al-Ruqqiyah (penyembuhan), al-Waqiyah (penyelamat), al-Kafiyah (mencukupi)
Keutamaan
1. Surah terbesar kandungannya(a’dhomu surah fi Qur’an) HR. Imam Ahmad
2. Setiap ayat dalam surah ini mendapat jawaban lansung dari Allah. HR. Ahmad,Bukhari,Abu DAwud, NAsa.i, dan Ibnu Majah.

3. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، قال الله: حمدني عبدي، وإذا قال: الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ، قال الله: أثنى علي عبدي، فإذا قال: مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ، قال مجدني عبدي ” -وقال مرة: ” فوض إلي عبدي -فإذا قال: إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ، قال: هذا بيني وبين عبدي، ولعبدي ما سأل، فإذا قال: اهدنا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ* صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ ، قال هذا لعبدي ولعبدي ما سأل ” .
4. Barang siapa sholat,dan tidak membaca Ummul Qur’an, makasholatnya khidajun (tidak sempurna,Abu Hurairah di Tanya ,”bagaimana jika kita sholat di belakang imam?”jawabnya:”bacalah dalam hatimu,sebab saya telah mendengar nabi sawbersabda:”Allah azza wa jalla berfirman,”Aku telah membagi solat itu dua bagian antaraku dan hamba-Ku, dan terserah aku apa yang ia minta’.maka jika ia membaca “alahmdulillahirabbil alamin” jawab Allah,”Hamaba-Ku telah memujiku. Dan jika ia membaca “arahmani arrahim”Jawab Allah: hambaku bersyukur kepada-Ku,. Dan jika ia membaca “maalikiyaumiddin”jawab Allah :”Hamba-Ku telah memuliakan-Ku, jika membaca iyyakana’budu waiyyaka nastain”. Jawab Allah :”ini yang diantaraku dengan hamba-Ku dan terserah pada hamba-Ku apa yang ia minta. dan jika membaca:”ihdina….,”Jawab Allah :”itu semua aku berikan kepada hamba-Ku dan terserah kepada hamba-Ku apa yang akan dia minta. HR. Muslim

5. Tidak pernah diturunkan surah yang sebaik ini baik di taurot maupun di injil. HR. Nasa’I, dan Tirmidzi.
6. Ar-Ruqiyah, al-Waqiyah, al-Kaafi.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Mei 2011 in Tafsir

 

2 responses to “Pengantar Tafsir Surah al-Fatikhah

  1. MUHAMMAD RIFAI

    20 Mei 2011 at 11:40 pm

    Syukur Alhamdulillah dengan membaca artikel tersebut menambah wawasan saya dan semoga bisa menambah keimanan saya dan kita smua amin

     
    • muhammadmaryono

      26 Mei 2011 at 8:18 am

      membacalah biar bertambah wawasan kita, secara berkesinambungan ………karena ini adalah kajian rutin di masji Perumahan Pemda jakarta timur. sukron…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: