RSS

Tafsir Isti’adhah, Ta’awud (perlindung)

18 Mei

Muhammad Maryono, MA
Tafsir al-Istiadzah, ta’awudz (berlindung)
Allah berfirman dalam Qs, 7:200, al-Mukminun:97-98,dan fushilat,34-36. Dalam ayat itu memerintahkan kepada kita untuk melayani musuh kita dengan baik dengan harapan agar mereka kembali kepada watak, tabiah yang baik. Sementara Allah memerintahkan kepada kita untuk berlindung selamanya dengan syaithan yang memnag musuh abadi bagi manusia. Permusuhan ini abadi karena sejarah dari bapak manusi itu sendiri yaitu Nabi Adam as. Bahwa syaitahan dalam misi hidupnya hanya ingin membinasakan keturunan anak adam, sehingga kita diperintahkan untuk berlindung darinya. Firman Allah:
   •      •                       
27. Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.
Qs.Faathir, 35:6:
•              
6. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh(mu), karena Sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala

Qs. Al-Kahfi,18:50:
                            
50. dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam[884], Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, Maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil Dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.
Fiqh Isti’adzah
1. Dibaca sesudah membaca al-Fatikhah atau surah dalam alQur,an. Mereka menggunakan dalil bahwa dalam Qs,An-Nahl:97-100 menggunakan kata kerja lampau(fiil Madzi)
2. Di baca Imam Maalik dan pengikutnya memerintahkan berta’awud setelah membaca al-Fatikhah. Ibnu ‘Arabi mengagap pendapat ini aneh atau gharib
3. Imam ar-Razi berpendapat isti’adzah dua kali waktu mau mebaca dan setelah selesai membaca al-Fatikhah atau surah dalam al-Qur’an.
4. Ulama mayoritas (jumhur ulama) mengatakan bahwa isti’adzah di baca sebelum membaca al-Fatikhah, atau surah dalam al-Qur’an.
Redaksi Isti’adh
1. Isti’adzah Rasulullah ketika sholat malam

عن أبي سعيد الخدريّ، قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا قام من الليل فاستفتح صلاته وكبَّر قال: ” سبحانك اللهم وبحمدك، وتبارك اسمك، وتعالى جدك، ولا إله غيرك ” . ويقول: ” لا إله إلا الله ” ثلاثًا، ثم يقول: ” أعوذ بالله السميع العليم، من الشيطان الرجيم، من هَمْزه ونَفْخِه ونَفْثه ” .
Apabila rasulullah bangun untuk sholat malam beliu membaca takbir, mahasuci engkau segala puji bagi-Mu, dan keberkahan adalh hanya nama-Mu tidak ada tuhan selain engaku, dan kemudian membaca tahlil 3 kali, kemudian berkata:”Aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi maha mengetahui dari godaan setan yang terkutuk, yaitu dari kesempitan (cekikan), ketakaburan dan hembusan rayuannya. HR. ahlu sunnan Imam tirmidzi berpendapat hadis ini adalh yang paling mashur dalam masalah isti’adzah.

2. Isti’adzah Rasulullah ketika mau melaksanakan sholat (wajib atau sunnah).
عن نافع بن جبير بن مطعم، عن أبيه قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم حين دخل في الصلاة، قال: ” الله أكبر كبيرًا، ثلاثًا، الحمد لله كثيرا، ثلاثًا، سبحان الله بكرة وأصيلا ثلاثا، اللهم إني أعوذ بك من الشيطان من هَمْزه ونَفْخه ونفْثه ” .
Rasulullah ketika mau mengerjakan sholat membaca Takbir 3 kali, hamdalah 3 kali,tasbih 3 kali,kemudian menbaca isti’adzah ya Allah aku berlindung kepadamu dari Syaithan,cekikan,ketakaburan dan hembusannya.

3. Rasulullah mengajarkan isti’adzah kepada orang yang lagi Murka.
عن معاذ بن جبل، قال: استَب رجلان عند النبي صلى الله عليه وسلم، فغضب أحدهما غضبًا شديدًا حتى خُيّل إليّ أن أحدهما يَتَمزّع أنفه من شدة غضبه، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: ” إني لأعلم كلمة لو قالها لذهب عنه ما يجد من الغضب ” قال: ما هي يا رسول الله؟ قال: ” يقول: اللهم إني أعوذ بك من الشيطان الرجيم

Fiqh Isti’adzah
1. Mayoritas ulama menyatakan bahwa istiadzah hukumnya adalah sunnah, tidak wajib dan tidak berdosa dengan meninggalkannya.
2. Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa isti’adzah wajib bagi Rasulullah bukan untuk ummatnya.
3. Imam Malik berpendapat bahwa beliu tidak membaca isti’adzah dalam sholat fardhu, tatepi membaca waktu Qiyam romadhon.
4. Imam Syafi’I membaca isti’adzah dikeraskan dan jika membaca pelan maka tidak mengapa. Imam Sayafi juga memberikan tarjih bahwa apabila orang yang membaca istiadzah membaca, أعوذ بالله من الشيطان الرجيم sudah cukup baginya, sementara Abu Hanifah, mememrintahkan untuk ditambahi dengan kalmat, أعوذ بالله السميع العليم.
Syaithan dalam bahasa arab di ambil dari kata Sathana, yang berarti jauh, dari semua kebaikan, Imam Sibaweh berkata orang Arab mengatakan,:”Tasyaithona fulanun”(si fulan berbuat seperti syaithan) jadi kesipulan bahwa syaithaon dari sathona yang berarti jauh dari kebaikan, petunjuk dan hoidayah dari Allah. Wallahu’ alam.

Pengajian al-Ihwan 17 Mei 2011

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Mei 2011 in Tafsir

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: