RSS

Tafsir Surah Al Baqarah 21-22

17 Okt

Allah Maha Pencipta
Tafsir Ayat 21
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (21) الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (22)
Setelah menjelaskan tentang al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman bagi orang orang beriman, kemudian menjelaskan tentang orang kafir dengan keinkarannya, serta bagaimana dan sifat orang munafik, ayat yang akan kita bicarakn ini 21-22 akan membicarakan tetang siapa sebenarnya Allah, bagaimana cara mengetahui Allah dan sarana yang diberikan untuk mengenal Allah itu apa!!!!
Kedua ayat diatas menjelaskan kepada semua manusia, mukmin, kafir dan munafiq bahwa Allah yang sesungguhnya adalah Allah yang menciptakan mereka semua dari tidak ada menjadi ada, di samping itu Allah juga yang telah menjadikan semua mahluk hidup bias hidup sebagimana adanya. Pada ayat yang pertaman yang dijelaskan adalah penciptaaan manusia itu sendiri, bahwa mereka adalah ciptaan Allah bukan ciptaaan atau jadian dari nenek moyang mereka. Mereka semua di ciptakan dari tidak ada menjadi ada, dari tidak ada bentuk serta tidak memiliki nama menjadi punya nama dan harga diri.
Inilah media pertama kali untuk mencapai Iman dan Taqwa, kemudian dilanjutkan dengan perintah untuk melihat Alam semesta, bumi, sebagai hamparan tempat berpijak,berdiri, duduk dan tidur, serta langit sebagai atapnya, kemudian Allah lah yang menurunkan air dari langit dan menumbuhkan bermacam tanaman untuk konsumsi manusia dan binatang ternak.
Dengan memperhatikan semua kejadian diatas menjadi jelas dan tak terbantahkan oleh apaun bahwa Allah adalah pencipta, yang menjadikan, yang memiliki,yang member makan dan minum. Kalau kalian wahai orang mukmin, kafir dan munafiq sudah paham semua ini janganlah kalian berbut sekutu dengan Allah, apalagi membuat bandingan-bandingan dengan yang lain. Dialah Allah yang maha segalanya dan bersih dari sifat apaun.
Banyak ayat yang menyerupai ayat diatas misalnya firman Allah didalam surah al-Ghafir,40:64
اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ قَرَارًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ فَتَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ [غافر: 64]
“Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezki dengan sebahagian yang baik-baik. yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.”
Ayat diatas menunjukkan bahwa diala Allah yang menciptakan, yang member, yang mengusai, dan yang maha segala-lanya, dengan alas an itulah kenapa “Allah” harus di Ibadahi, di ta’atai. Selanjutnya Allah melarang kepada semua manusia dengan semua sifatnya itu untuk berbuat “niddan” tandingan, bandingan, atau sekutu-sekutu, dalam beribadah dan ketaatan kepada-Nya. Ibnu Kasir dalam tafsinya.
Beberapa Hadis Shahih tentang kemusrikan:
وفي الصحيحين عن ابن مسعود، قال: قلت: يا رسول الله، أي الذنب أعظم؟ قال: “أن تجعل لله ندا، وهو خلقك”

Ibnu Mas’ud bertanya kepada Rasulullah Ya Rasulullah apakah dosa yang paling besar disisi Allah? Jawab Nabi:”jika kamu mengadakan sekutu bagi Allah, padahal Allah-lah yang menciptakan kamu.”HR. Mutafaq ‘Alahi.

وكذا حديث معاذ: “أتدري ما حق الله على عباده؟ أن يعبدوه لا يشركوا به شيئًا” الحديث
Begitu juga dengan hadis Mu’ad; Sahabat Mu’ad pernah ditanya oleh Nabi:apakah hak Allah yang diwajubkan atas hamba-hamba-Nya? Jawab Mu’ad:”Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahui.” Maka RAsulullah bersabda:”supaya manusiamenyembah Allah dan tidak mempersekutukan_Nya degan sesuatu apapun. HR. Mutafaq ‘Alaihi
Dalam riwayat yang lain di jelaskan dari Ibnu ‘Abbas:
عن ابن عباس، قال: قال رجل للنبي صلى الله عليه وسلم: ما شاء الله وشئت. فقال: “أجعلتني لله ندا ؟ قل: ما شاء الله وحده”. رواه ابن مردويه، وأخرجه النسائي، وابن ماجه من حديث عيسى بن يونس، عن الأجلح، به
Dalam hadis lain dari Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Abbas berkata ada seseorang yang berkata:”inilah yang di kehendaki Allah dan oleh engkau.”maka nabi bersabda:”apakah dirimu menjadikan diriku sekutu bagi Allah? Katakanlah:”inilah yang dikehendaki Allah semata.
وفي الحديث الآخر: “لا يقولن أحدكم: ما شاء الله وشاء فلان، ولكن ليقل ما شاء الله، ثم شاء فلان”

Rasulullah juga bersabda: jangan sekali-kali seseorang diantara kalian mengatakan:”inilah yang dikehendaki Allah dan dikehendaki oleh si fulan, tetapi hendaklah ia mengatakan :”ini di kehendaki Allah, kemudian, ini yang dikehendaki oleh si fulan.
Semua tuntunan dari Rasulullah diastas semata-mata untuk menjauhkan manusis dari bahaya Syirik, hanya Allah lah yang bias menolong semua urusan manusia tidak ada yang lain.
Selanjutnya Ibnu ‘Abbas menuturkan, tentang tafsir ayat diatas di tujukan untuk orang munafiq dan orang kafir,
عن ابن عباس، قال: قال الله تعالى: { يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ } للفريقين جميعًا من الكفار والمنافقين، أي: وحدوا ربكم الذي خلقكم والذين من قبلكم.

Tafsir Ayat 22
Penjelasan tetang Allah adalah yang menjadikan bumi sebagai hamparan, langit sebagai atap dan seterusnya adalah bukti bahwa hanya Allah-lah yang maha menciptakan dan menjadikan.
Misalanya hanya Allah yang menciptakan BUMI, Dia yang menciptakan Langit, Dialah yang menjadikan manusia, menurunkan air, menumbuhkan tumbuhan dan lain sebagainya sebagai dalil tak terbantahkan tentang ke-Esaaan-Nya. Ibnu Kasir dalam tafsirnya banyak berbicara tentang pangkal dari surah ini. “MUSRIK” seperti yang sudah dijelaskan diatas Berikut ini adalah interpretasi para sahabat, seperti Ibnu ‘Abbas, Ibnu Mas’ud dan Imam Tabi’in tentang musrik :
وبه عن ابن عباس: { فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ } أي: لا تشركوا بالله غيره من الأنداد التي لا تنفع ولا تضر، وأنتم تعلمون أنه لا رب لكم يرزقكم غيره وقد علمتم أن الذي يدعوكم إليه الرسول صلى الله عليه وسلم من توحيده هو الحق الذي لا شك فيه. وهكذا قال قتادة.
وقال ابن أبي حاتم: حدثنا أحمد بن عمرو بن أبي عاصم، حدثنا أبي عمرو، حدثنا أبي الضحاك بن مخلد أبو عاصم، حدثنا شبيب بن بشر، حدثنا عكرمة، عن ابن عباس، في قول الله، عز وجل { فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا [وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ]} قال: الأنداد هو الشرك، أخفى من دبيب النمل على صَفَاة سوداء في ظلمة الليل، وهو أن يقول: والله وحياتك يا فلان، وحياتي، ويقول: لولا كلبة هذا لأتانا اللصوص، ولولا البطّ في الدار لأتى اللصوص، وقول الرجل لصاحبه: ما شاء الله وشئتَ، وقول الرجل: لولا الله وفلان. لا تجعل فيها “فلان”. هذا كله به شرك.

“Ibnu ‘Abbas berkata syirik itu lebih halus (samar)dari jalannya semut hitam diatas batu hitam pada waktu malam. Contohnya ialah perkataan:”demi kehidupan fulan”atau demi kehidupanku”, atau ucapan: andaikata tidak ada angsa pasti telah kemasukan pencuri” atau ungkapan’karena kehedak Allah dan kehedakmu”. Semua itu adalah syirik.

قال أبو العالية: { فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا } أي عدلاء شركاء. وهكذا قال الربيع بن أنس، وقتادة، والسُّدي، وأبو مالك: وإسماعيل بن أبي خالد. وقال مجاهد: { فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ } قال: تعلمون أنه إله واحد في التوراة والإنجيل.
ذكر حديث في معنى هذه الآية الكريمة:قال الإمام أحمد: عن الحارث الأشعري، أن نبي الله صلى الله عليه وسلم قال: “إن الله عز وجل، أمر يحيى بن زكريا، عليه السلام، بخمس كلمات أن يعمل بهن، وأن يأمر بني إسرائيل أن يعملوا بهن، وكان يبطئ بها، فقال له عيسى، عليه السلام: إنك قد أمرت بخمس كلمات أن تعمل بهن وتأمر بني إسرائيل أن يعملوا بهن، فإما أن تبلغهن، وإما أن أبلغهن. فقال: يا أخي، إني أخشى إن سبقتني أن أعذب أو يخسف بي” . قال: “فجمع يحيى بن زكريا بني إسرائيل في بيت المقدس، حتى امتلأ المسجد، فقعد على الشرف، فحمد الله وأثنى عليه، ثم قال: إن الله أمرني بخمس كلمات أن أعمل بهن، وآمركم أن تعملوا بهن، وأولهن: أن تعبدوا الله لا تشركوا به شيئًا، فإن مثل ذلك مَثَل رجل اشترى عبدًا من خالص ماله بوَرِق أو ذهب، فجعل يعمل ويؤدي غلته إلى غير سيده فأيكم يسره أن يكون عبده كذلك؟ وأن الله خلقكم ورزقكم فاعبدوه ولا تشركوا به شيئًا وأمركم بالصلاة؛ فإن الله ينصب وجهه لوجه عبده ما لم يلتفت، فإذا صليتم فلا تلتفتوا. وأمركم بالصيام، فإن مثل ذلك كمثل رجل معه صرة من مسك في عصابة، كلهم يجد ريح المسك. وإن خلوف فم الصائم عند الله أطيب من ريح المسك. وأمركم بالصدقة؛ فإن مثل ذلك كمثل رجل أسره العدو، فشدوا يديه إلى عنقه، وقدموه ليضربوا عنقه، فقال لهم: هل لكم أن أفتدي نفسي ؟ فجعل يفتدي نفسه منهم بالقليل والكثير حتى فك نفسه. وأمركم بذكر الله كثيرًا؛ وإن مثل ذلك كمثل رجل طلبه العدو سِراعا في أثره، فأتى حصنا حصينًا فتحصن فيه، وإن العبد أحصن ما يكون من الشيطان إذا كان في ذكر الله”.قال: وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “وأنا آمركم بخمس الله أمرني بهن: الجماعة، والسمع، والطاعة، والهجرة، والجهاد في سبيل الله؛ فإنه من خرج من الجماعة قيدَ شِبْر فقد خلع رِبْقة الإسلام من عنقه، إلا أن يراجع ومن دعا بدعوى جاهلية فهو من جِثِيِّ جهنم”. قالوا: يا رسول الله، وإن صام وصلى ؟ فقال: “وإن صلى وصام وزعم أنه مسلم؛ فادعوا المسلمين بأسمائهم على ما سماهم الله عز وجل: المسلمين المؤمنين عباد الله”.
هذا حديث حسن، والشاهد منه في هذه الآية قوله: “وإن الله خلقكم ورزقكم فاعبدوه ولا تشركوا به شيئًا”.
Hadis diatas secara garis besar adalah Allah memerintah kepada Zakariya as, lima hal yang harus dilakukan oleh Bani Israil:
1. Kalian menyembah Allah dan tidak mempersekutukannyadengan suatu apapun. Gambaran kemusrikan itu adalah seperti engak membeli hamba sahaya dengan harta sendir, lalu hamba itu bekerja dan hasilnya pekerjaannya diberikan kepda orang lain.
2. Mengerjakan Sholat, Allah berada di hadapannya selam dia tidak berpaling.
3. Berpuasa, seperti otang yang membawa pundi-pundi misik yang lewat di tengah rombongan itu, dan mereka merasakan harumnya minyak misik itu.
4. Bersedekah, seperti orang yang di taean musuh dan kedua tangannya di ikat lalu ia berkata maukah kalian aku menebus diriku dengan murah atau mahal.
5. Banyak berdzikir kepada Allah, seperti orang yang dikejar musuh lalu ia berlindung di belakang tembok yang sangat kuat.
Perawi hadis ini melanjutkan bahwa Rasulullah kemudian bersabda:”saya perintahkan kalian mengerjakan lima hal, bersatu (tetap dalam jama’ah), mendengan dan taat kepada pemimpin, berhijrah dan berjihad, sesungguhnya seorang yang keluar dari jamaah kaum muslimin, walau hanya sejengkal, berarti melepas ikatan islam dari lehernya kecuali jika ia kembali, dan barang siapa yang mengajak kepada jahiliyyah berarti jahannam tempatnya, para sahabt bertanya walaupun ia sholat dan puasa? Jawab nabi:” walaupun ia sholat, puasa dan mengaku muslim. HR Imam Ahmad dengan sanad Hasan.
Selanjutnya Ibnu kasir memberikan pendapat para ulama tentang dalil adanya Allah:
وهذه الآية دالة على توحيده تعالى بالعبادة وحده لا شريك له، وقد استدل به كثير من المفسرين كالرازي وغيره على وجود الصانع فقال: وهي دالة على ذلك بطريق الأولى، فإن من تأمل هذه الموجودات السفلية والعلوية واختلاف أشكالها وألوانها وطباعها ومنافعها ووضعها في مواضع النفع بها محكمة، علم قدرة خالقها وحكمته وعلمه وإتقانه وعظيم سلطانه، كما قال بعض الأعراب، وقد سئل: ما الدليل على وجود الرب تعالى؟ فقال: يا سبحان الله، إن البعرة لتدل على البعير، وإن أثر الأقدام لتدل على المسير، فسماء ذات أبراج، وأرض ذات فجاج، وبحار ذات أمواج؟ ألا يدل ذلك على وجود اللطيف الخبير؟
وعن الشافعي: أنه سئل عن وجود الصانع، فقال: هذا ورق التوت طعمه واحد تأكله الدود فيخرج منه الإبريسم، وتأكله النحل فيخرج منه العسل، وتأكله الشاة والبعير والأنعام فتلقيه بعرًا وروثا، وتأكله الظباء فيخرج منها المسك وهو شيء واحد.

Imam Syafi’i:” ditanya tentang Allah dia menjawab lihatlah daun arbei yang memiliki satu rasa, jika dimakan oleh ulat mengeluarkan sutera,jika dimakan lebah mengeluarkan madu, jika dimakan kambing atau lembu mengeluarkan kotoran, dan jika dimakan rusa akan mengeluarkan kasturi, bukankah hal itu menunjukkan adanya Allah yang mencipta semua itu?.
Demikanlah pentingnya mengetahui hakikat diri kita adalah sarana terpenting untuk mengenal Allah, karena dengan mengenal semua oragan tubuh kita niscaya kita akan selalu bertasbih dan bertahmid kepada yang memberikan sebut saja misalnya, kaki, mata dll……. Wsalam

.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Oktober 2011 in Tafsir

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: